• Jelajahi

    Copyright © Jejak Penulis
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Perbedaan Universitas, Politeknik, Institut, Akademi, dan Sekolah Tinggi Berikut Penjelasannya

    Admin - Jejakpenulis.com
    Rabu, 08 Juni 2022, 23:52 WIB Last Updated 2022-06-09T06:52:02Z
    Baca Juga

    Perbedaan Universitas, Politeknik, Institut, Akademi, dan Sekolah Tinggi  - Universitas, Politeknik, Institut, Akademi, dan Sekolah Tinggi.  Kira-kira Bedanya apa ya? Karena kan pasti banyak dari kalian yang mungkin saat ini baru aja lulus dari SMA sederajat entah anak SMK, SMA atau Ma yang mungkin masih bingung nih kira-kira mau ngelanjutin Ke Perguruan tinggi jenis apa ya Apakah Universitas, Politeknik, Institut, Akademi, Sekolah Tinggi? 


    Nah pusing banget kan nanti kira-kira belajarnya Apa? Kalian dapetnya apa? Dan lulus jadi apa?. Nah itu kan pertanyaan besar kalian. Dan mungkin dari kalian juga udah ada yang masuk universitasnya tahun ini di kampus impian kalian tapi kalian itu enggak tahu jenis dari perguruan tinggi yang kalian masukin ini masuk dalam kategori apa.


    Perbedaan Universitas, Politeknik, Institut, Akademi, dan Sekolah Tinggi Berikut Penjelasannya


    1. POLITEKNIK 


    Perbedaan Universitas, Politeknik, Institut, Akademi, dan Sekolah Tinggi Berikut Penjelasannya

    Nah mulai dari yang pertama nih ada Politeknik. Nah buat teman teman yang belum tau Politeknik apa ya Nih gue jelasin.


    Politeknik adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan, keterampilan dan ilmu terapan. Berbeda dengan Universitas. Politeknik ini hanya menyediakan jenjang studi vokasi yaitu yang terdiri dari Diploma 3 atau D3 dan D4 atau sarjana terapan yang setara dengan S1. 


    Nah Tujuannya adalah untuk mencetak lulusan yang siap bersaing di dunia kerja. Maka dari itu mata kuliah di politeknik ini tuh lebih mengutamakan praktik dibandingkan teori. Mungkin prakteknya itu 80% teorinya hanya sekedar 20%. 


    Nah jenis perguruan tinggi ini tuh cocok buat kamu yang berasal dari SMK. Karena kalau dikonsepin ya Universitas biasa itu seperti SMA Nah kalau Politeknik ini seperti SMK nya deh. 


    Nah meskipun cuma vokasi yang menyediakan D3 atau D4 pilihan jurusan Politeknik tuh juga enggak sedikit loh ada banyak banget dan variasi yang bisa kalian pilih. Dan bakal seru banget karena belajarnya kebanyakan praktek. Jadi kalian bakalan coba-coba untuk ngulik di bidang studi itu. 


    Nah jalur untuk masuk Politeknik ini itu standarnya ada dua. Yang pertama itu mendaftar di seleksi nasional masuk politeknik negeri atau SNMPN di bulan Januari sampai Maret tanpa dipungut biaya. Nah yang kedua bisa mengikuti utbk SBMPTN disekitaran bulan Mei sampai Juni. Kalau UTBK SBMPTN ini kalian harus membayar sekitar 250.000 untuk mengikuti seleksi nya. 


    Gimana tertarik untuk kuliah di politeknik ? Saran aku sih ambil di D4 ya karena D4 itu setara dengan S1 dan udah cukup banget buat kalian saat ini Ya nantinya lulus dan ingin berkarir di bidang profesional terutama yang praktikal.


    2. UNIVERSITAS


    Rasanya kalau sebut Universitas tuh Kalian udah familiar lah ya. Nah Universitas ini adalah perguruan tinggi yang terdiri dari fakultas yang menyelenggarakan berbagai disiplin ilmu.


    Biasanya tuh terdapat 5 sampai puluhan fakultas lah dalam satu Universitas gitu ya. Dan dalam satu fakultas itu akan ada banyak Prodi atau program studi ya jurusan nah sebutannya. 


    Contohnya kayak ada fakultas kedokteran untuk buat kalian yang mau belajar tentang ya jadi dokter umum, dokter hewan dan lain-lainnya. Ada Fakultas Ilmu Budaya ada fakultas ilmu pertanian ada fakultas MIPA matematika dan ilmu IPA,  ada fakultas teknik Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan lain-lain.


    Universitas juga menawarkan jenjang studi dengan gelar yang berbeda-beda. Mahasiswa D3 akan memperoleh gelar ahli madya atau A.Md, mahasiswa D4 akan memperoleh gelar sarjana terapan atau S.Tr atau sarjana terapan. Dan untuk mahasiswa S1 nih akan memperoleh gelar sarjana yang diikuti oleh nama rumpun ilmunya.


    Adapun untuk mahasiswa S2 diberi gelar master yang didepannya ada m magister gitu atau Master. Dan terakhir ada S3 yang bergelar itu Profesor gitu atau kalau di luar negeri tutupi phd ya. 


    Nah jalur masuk universitas itu ada tiga ya standarnya yaitu ada SNMPTN yaitu adalah seleksi rapor gitu ya, potofolio buat kalian dari yang sebelumnya anak-anak cukup berprestasi di SMA itu SMA sederajat. 


    SNMPTN ini selenggarakan pada awal tahun di bulan Januari, Februari, Maret ya tanpa dipungut biaya apapun. SNMPTN ini hanya boleh diikuti oleh siswa yang eligible yaitu dipilih ada kuotanya dan itu mungkin hanya diperuntukkan untuk anak-anak yang terpinter di sekolah kalian saja. Makanya pastikan kalian tuh ya rajin belajarnya ketika sekolah. 


    Nah yang kedua ada utbk-sbmptn ini menggunakan nilai UTBK dimana kalian nanti mengerjakan sebuah soal yang disuguhkan dan ini tuh merupakan seleksi nasional jadi dilakukan secara serentak untuk melihat skor kalian. Dan semakin tinggi skornya kalian akan semakin berpeluang untuk masuk perguruan tinggi negeri yang favorit gitu ya. 


    Yang ke tiga ada ujian Mandiri atau seleksi Mandiri nah ini dapat menggunakan nilai UT BK. Seleksi yang satu ini tuh berbeda-beda setiap kampus ada yang menyelenggarakan ada yang tidak menyelenggarakan. Nah kalau ada menyelenggarakan pun ada berbagai jenis nih bisa menggunakan nilai UT BK untuk penyelesaiannya, bisa juga jalur undangan SNMPTN pakai prestasi akademik ada juga paket prestasi non-akademik ada juga pakai nilai Ujian Mandiri jadi ikut hujan tes lagi ada juga yang pakai mungkin jalur khusus atau prestasi itu macem-macem. 


    Untuk seleksi Mandiri ini berlangsung setelah pengumuman UTBK SMPTN sebagai jalur yang mungkin di akhir-akhir ya untuk peluang kalian masuk ke perguruan tinggi negeri impian. Dan ini wajib untuk kalian ikutin untuk memperbesar peluang kalian lolos ke kampus impian kalian.


    3. INSTITUT


    Perbedaan Universitas, Politeknik, Institut, Akademi, dan Sekolah Tinggi Berikut Penjelasannya

    Selanjutnya nomor 3 nih ada Institute. Nah karena sering denger gak kayak Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor terus institut mana lagi ini banyaklah ya. 


    Nah pilihan jurusan di Institut itu tidak sebanyak di Universitas atau Politeknik. Sebuah Institut hanya berfokus pada 1-3 rumpun ilmu pengetahuan. Contoh institut Teknologi Bandung yang memiliki Fakultas Teknik bisnis dan desain hanya tiga itu. Ada pula Institut Kesenian Jakarta yang khusus mengajarkan ilmu film seni rupa dan seni pertunjukan. Bidang studinya mulai dari Diploma sarjana bahkan sampai pascasarjana. 


    Sedangkan untuk jalur masuk Institut ini sama dengan Universitas lah kurang lebih. Bisa melalui SNMPTN bisa melalui utbk-sbmptn dan seleksi Mandiri seperti dijelaskan sebelumnya. 


    4. SEKOLAH TINGGI


    Yang nomor 4 sekolah tinggi yang dimana menyelenggarakan pendidikan vokasi yah diploma tadi sarjana S1 gitu ya dan pascasarjana S2 atau S3 dalam satu rumpun ilmu. 


    Nah contohnya ada Sekolah Tinggi Akuntansi Negara yang terkenal banget ya STAN gitu ya yang di mana Banyak banget orang-orang tuh pengen masuk sana gitu sekolah kedinasan lulus langsung jadi PNS.


    Nah STAN ini mempunyai program studi di bidang akuntansi ekonomi manajemen pabeanan dan hal-hal yang terkait Sekolah Tinggi itulah yang mengacu pada Kementerian yang bangunnya ya.


    Nah kamu dapat mendaftar melalui seleksi Mandiri di masing-masing kampus Sekolah Tinggi itu karena biasanya seperti ini punya caranya sendiri untuk menyeleksi calon mahasiswa mahasiswanya. 


    5. AKADEMI


    Perbedaan Universitas, Politeknik, Institut, Akademi, dan Sekolah Tinggi Berikut Penjelasannya

    Nah yang kelima nih ada akademi, nah akademi menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu rumpun ilmu. Contoh Akademi Militer ya buat kalian yang mau jadi tentara gitu ya Akmil gitu kan. Ada juga Akademi Kepolisian Akpol ini salah satu sekolah yang cukup terkenal juga nih buat petinggi-petinggi di kepolisian. Lalu juga ada Akademi Angkatan Laut, Akademi Kebidanan, akademi keperawatan dan berbagai jenis lainnya. 


    Nah jalur masuk akademi ini yaitu melalui seleksi Mandiri masing-masing kampus. Makanya kalau jadi tentara tuh punya penyeleksian sendiri ke fisiknya bagaimana, terus nanti akademiknya juga seperti apa dengan Jenis soal-soal yang berbeda ya karena berfokus pada bidang ilmu tertentu. 


    Nah jadi itulah Perbedaan Universitas, Politeknik, Institut, Akademi, dan Sekolah Tinggi Beserta Penjelasannya. Gimana guys sudah cukup tergambarkan belum kira-kira Kalian mau masuk mana atau sebenarnya kalau udah masuk ke jenis perguruan tinggi mana nih supaya enggak Bingung lagi ya kan kalau ditanya tuh bisa ngejawab gitu biar keliatan keren gitu kan bisa menjelaskan sekolahnya.


    Pokoknya dimanapun kalian nanti majukan Pendidikan gitu ya ya pastikan aja kalian tuh bener-bener fashion dan gak salah jurusan. Karena akan tersisa banget ketika kalian memilih jenis tujuan tinggi yang kalian lalui nanti tidak sesuai dengan apa yang kalian suka itu. Jadi harus bener-bener riset dan mendalami dulu nih sebelum kalian kecemplung di dalamnya. 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini